Verifikasi Faktual Kota Tangerang Yang Tegang

/ December 30, 2017 / 8:57 PM
Bagikan:


TANGERANG - Verifikasi Faktual yang dilakukan oleh Komisioner KPU Kota Tangerang hari ini merupakan etape terakhir sebagai salah satu syarat partai politik menuju gerbang kontestasi akbar pemilu 2019 yang akan datang. Partai Berkarya besutan putra mahkota dari almarhum Presiden Republik Indonesia H. Muhamad Suharto yang akrab disapa Tomy Suharto ini diharapkan lulus dan lolos sebagai salah satu partai politik peserta pemilu 2019 yang tinggal menghitung hari. Sungguh tak seindah dan semudah yang banyak orang lain bayangkan. Banyak onak dan duri, krikil serta jurang terjal yang telah dilewati menuju sukses verifikasi administrasi. 

Namun atas kegigihan dan semangat yang kuat dan dibungkus oleh keinginan yang luhur untuk terciptanya sebuah perubahan dalam upaya mengembalikan kejayaan dan kemandirian bangsa ini maka seluruh kader Berkarya baik dari tingkat pusat, wilayah, daerah hingga cabang dan ranting dari pusat kota hingga ploksok daerah terus berjuang demi mensukseskan tahapan demi tahapan sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang telah ditetapkan. Kota Tangerang merupakan salah satu kota yang terdapat kepengurusan tingkat kota yang biasa disebut Dewan Pimpinan Daerah (DPD) juga memacu pergerakan dalam rangka membangun dan mengembangkan sekaligus memperkenalkan partai Berkarya secara maksimal. 

Diawali dari pembentukan DPD Kota Tangerang yang didirikan pada tanggal 3 November 2016 bersama Haerudin dan Muhidin Jalih selaku pemegang mandat dari DPW provinsi Banten yang pada saat itu masih diemban oleh Johan Arifin Muba, terus berpacu melalukan sosialisasi, konsolidasi dan pembentukan DPD dan DPC sekaligus rekruitmen anggota demi tercapainya kewajiban yang harus dipenuhi. Kota Tangerang yang dibangun secara humanis dan demokratis namun tetap mengacu pada prinsip “The Right Man on The Right Place” ini terus dipacu dalam rangka pembesaran partai. 

Bertemunya dua sahabat lama yang hampir 15 tahun berpisah merupakan modal awal yang sangat kuat dan harmoni untuk meningkatkan akselerasi pergerakan. Sekretaris DPD partai Berkarya Kota Tangerang Muhidin Jalih yang akrab disapa Bang Jalih Pitoeng yang merupakan salah satu "Think Tank" dalam mengorganisir partai ini terus berusaha dan berupaya tanpa mengenal lelah dan waktu yang terus berpacu. Begitu pula hadirnya Suyitno Adang yang juga secara kebetulan adalah mantan Komisioner KPU Kotang Tangerang yang diplot sebagai wakil ketua Badan Pemenangan pemilu menjadi pelengkap dari dua sosok yang memiliki latar belakang yang berbeda. 

Haerudin selaku ketua DPD partai Berkarya Kota Tangerang yang dibesarkan dalam organisasi kepemudaan Pemuda Pancasila dengan Muhidin Jalih yang juga mantan aktivis AMPI dibawah asuhan Akbar Tanjung saat itu yang juga dibesrakan dalam lingkungan keluarga wirausaha menjadikan sebuah perpaduan harmoni yang sangat bersinergi dalam menjalankan dan mengembangkan partai ini di kota Tangerang ini. Bersama-sama seluruh tim dan jajaran pengurus DPD serta 13 DPC yang membawahi 104 kelurahan Kota Tangerang terus digenjot dalam rangka mencari dan merekrut anggota partai. 

Alhamdulillah partai Berkarya Kota Tangerang mampu merekrut 2017 anggota yang terdaftar pada tabulasi awal dan sempat menyandang predikat administrasi terbaik seprovinsi Banten dibawah motor penggerak Jalih Pitoeng selaku sekretaris DPD partai Berkarya Kota Tangerang pada akhir masa kepemimpinan Ketua DPW Banten Johan Arifin Muba dikala itu. 

Musim berganti waktupun berlalu. Bak petir disiang bolong..!!!. 
Berkarya Banten heboh dengan berita mundurnya Johan Arifin Muba pada Mei 2016 lalu. Kota Tangerang pun mengalami turbolensi yang sangat tinggi. Atas kegigihan dan kesabaran serta ketangguhan pasangan pimpinan partai Berkarya Kota Tangerang ini, partai Berkarya terus melaju dengan berbagai tantangan dan cobaan. Pergantian pengurus DPC pun tak terhindar hingga terjadinya re-strukturisasi kepengurusan.

Bersamaan dengan target penyelesaian administrasi kepartaian Alhamdulillah hadir H. Helldy Agustian selaku Ketua DPW pengganti yang merupakan usulan dari seluruh 7 pengurus DPD Kabupaten Kota karena kebetulan Helldy Agustian merupakan ketua DPD Kota Cilegon. Dibawah kepemimpinan Helldy Agustian DPW Berkarya provinsi Banten pun terus bergerak melakukan konsolidasi keseluruh daerah yang menjadi wilayah kepemimpinannya. Tangerang sebagai salah satu kota penyangga ibukota seyogyanya harus mampu memberikan dedikasi terbaik secara struktural kepengurusan partai setingkat kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat memadai.

Sosok pengemar sayur ketupat dan semur betawi inipun bersama-sama ketua dan jajaran partai Berkarya kota Tangerang terus melakukan sosialisasi, komunikasi sekaligus transpormasi kepada seluruh jajaran dibawahnya. Baik spiritualitas, intelektualitas serta pengalaman yang dimiliknya. Dengan berbagai kekurangan dan kelemahan yang dimiliki partai yang masih bayi ini tidak dijadikan sebagai kendala atau hambatan dalam mengembangkan partai Berkarya kota Tangerang yang sama-sama kita cintai.

Harmonisasi dan sinkronisasi yang terbangun menjadi sebuah symponi yang indah dalam menjalan kan fungsi-fungsi organisasi. Kedekatan dan keakraban yang dibangun atas dasar kekeluargaan dan kebersamaan ini akhirnya mampu menghantarkan partai ini pada proses pendaftaran partai peserta pemilu di KPU Kota Tangerang pada 16 Oktober 2017 yang lalu. Pendaftaran partai politik sekaligus dilakukannya verifikasi administrasi oleh KPU Kota Tangerang akhirnya dapat membawa partai Berkaya Kota Tangerang ketahapan selanjutnya yaitu verifikasi faktual sebagaimana yang akan dilaksanakan hari ini. 

Ternyata partai Berkarya selain partai yang masih bayi juga termasuk salah satu partai ajaib. Bayangkan bagaimana tidak menegangkan. Pengurus DPD dan DPC yang telah hadir di sekretariat sejumlah orang harus menerima kenyataan pahit atas informasi resmi berkepala surat KPU Kota Tangerang menunda proses verifikasi faktual sambil menunggu instruksi dari KPU RI sebagai alasannya. 


Suasana duka menyelimuti kantor sekretariat DPD Partai Berkarya Kota Tangerang yang seharusnya senyum ceria dikawasan yang tak jauh dari Balekota Mall Kota Tangerang dalam menyambut tamu istimewa verifikator yang hadir hari ini. Atas pemberitahuan yang disampaikan oleh biro hukum KPU Kota Tangerang yang disampaikan melalui pesan media WhatsApp yang diterima sekretaris DPD pada pukul 10.30, maka pesan tersebut disampaikan langsung kepada seluruh pengurus yang hadir untuk kembali kerumah sambil menitipkan kalimat pendek “Jangan pergi keluar kota dulu takut ada kabar dari KPU yang mendadak bahwa verifikasi faktual akan dilanjutkan” dengan nada yang tetap optimis.

Sungguh luar biasa. Karena ternyata Allah telah merubah segalanya. Dan hanya dalam hitungan jam telah berubah atas pengaturanNYA. Diterimanya informasi penting dari Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane bahwa Verifikasi Faktual Partai Berkarya Kota Tangerang akan tetap dilangsungkan hari ini pukul 15.00 merupakan jawaban yang menggembirakan sekaligus penguatan dalam bahasa Tuhan. Sehingga pesan estapet itupun tak tertunda lagi dan langsung menyebar secara instruktif kepada sebagian besar para pengurus DPC yang sudah terlanjur dipulangkan. Semangat tinggi yang dipenuhi dengan keikhlasan serta mentalitas yang telah terbangun membuat seluruh pengurus yang hadir siap dan tetap menerima keputusan apapun hari ini tergambar dalam photo ceria bersama dihalaman sekretariat DPD partai berkarya Kota Tangerang.

Nah inilah sebuah cermin kesiapan dalam menghadapi situasi sesulit apapun telah teraplikasi dengan optimal bagi kader Berkarya Kota Tangerang sekaligus bukti penghambaan diri kepada Allah SWT yang MAHA PENGENDALI...!!!

Kaderisasi dan transpormasi pemikiran serta pandangan yang kerap dilakukan oleh penghisap Dji Sam Soe dan penghirup ABC Susu ini Alhamdulillah telah masuk dan melekat serta terpatri dalam sikap dan tindakan kader Berkarya Kota Tangerang sebagai wujud kecintaan terhadap partai ini sebagaimana yang sering disampaikan secara religi dalam setiap kesempatan dalam pertemuan yang menjadi tujuan dasar salah satu putra betawi ini bergabung sekaligus mendidikasikan diri serta kemampuan terbaiknya pada partai ini sebagai pengamalan Al-Quran secara aplikatif pada dunia politik yang sangat dicintainya. Sekaligus mengimpikan agar partai Berkarya menjadi lembaga pendidikan politik diseluruh lapisan masyarakat dan menjadil lembaga politik yang terdidik, cerdas, santun dan berwibawa agar mendapat predikat "Partai Pembeda". 

Semoga partai Berkarya menjadi benar-benar partai. Partai yang menjadikan dirinya sebagai wadah perjuangan bagi kepentingan rakyat banyak sebagaimana arti dan fungsi sesungguhnya sebuah partai. Sehingga berbicara tentang militansi, loyalitas dan integritas, maka sebuah fakta telah membuktikannya bahwa kader Berkarya tak dapat disangsikan lagi sebagai kader yang militan dan integrited. 

Dengan semua kejadian, kasus dan pristiwa yang mengiringi perjalanan partai mampu dijadikan parameter guna melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkwalitas dan berintegritas yang amanah sebagai pengemban amanat rakyat yang telah menitipkan kepercayaan dan harapan pada bilik suara kepada partai Berkarya kelak dalam setia arena kontestasi baik pilkada, pileg maupun pilpres. Partai Berkaraya diharapakan menjadi partai yang mampu mencegah kader-kadernya dari pengenaan “Rompi Orange” yang sangat memalukan, menjijikan yang merupakan tindakan penghianatan terhadap proses pembangunan bangsa kedepan dengan predikat “KORUPTOR”. 
Dipartai Berkarya inilah tumpuan dan harapan masyarakat digantungkan...!!!

Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya verifikasi faktual hari ini akan menghasilkan sebuah karya yang gemilang agar partai yang kita cintai ini hadir sebagai partai peserta pemilu pada 2019 yang sudah sangat kita nanti-nantikan. Program jangka pendek yang dicanangkan oleh partai Berkarya secara nasional adalah lulus dan lolosnya partai Berkarya sebagai peserta pemilu. Jika itu semua tercapai sebagaimana yang kita harapkan maka kita mengajak seluruh masyarakat yang masih mencintai bangsa ini untuk bergabung dan terus berjuang demi kepentingan rakyat sebagai prioritas utama tentunya. Kita semua berharap agar partai Berkarya ikut berperan aktif dalam menentukan keberlangsungan bangsa dan negara yang kita cintai menuju cita-cita mulia proklamasi guna terciptanya masyarakat yang adil makmur dan sejahtera. 

Akhirnya, sebagai warga Pancasila dan insan Berkarya yang beriman serta  bertaqwa maka seluruh usaha dan upaya yang telah kita lakukan kita serahkan kembali kepada keputusan ilahi sebagai pencipta dan pengatur serta pengendali yang hakiki. Do'a adalah merupakan bagian yang tak terpisahkan untuk tetap kita panjatkan sebagai wujud penghambaan diri sebagai manusia insan yang lemah dan tak berdaya dihadapanNYA...!!!


#Bang Jalih Pitoeng


Komentar Anda

Terkini: