"Kesantunan Dibalik Kegigihan"

/ February 17, 2018 / 1:18 PM
Bagikan:


SUARABERKARYA.COM, JAKARTA-Keberhasilan partai Berkarya sebagai salah satu partai baru besutan Hutomo Mandala Putra yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai partai peserta pemilu 2019 oleh KPU RI merupakan upaya dan kerja keras dari seluruh pengurus, kader dan anggota serta tim kerja dari semua tingkatan. Baik mulai dari DPP, DPW, DPD, DPC hingga Ranting.

Peran aktif Badarudin Andi Picunang selaku Sekjen DPP Partai Berkarya yang menjadi motor penggerak bersama Ketua Umum Hj. Neneng. A. Tuty beserta jajarannya didalam mengorganisir partai berlambang pohon beringin yang berotak hijau ini sungguh tak dapat dipungkiri. Kita semua pasti sangat menyadari bahwa betapa sulit dan beratnya membangun sebuah partai baru ditengah-tengah apatisme masyarakat indonesia yang sudah sangat jenuh bahkan nyaris tak percaya lagi terhadap sebuah partai politik.

Tak dapat disalahkan jika masyarakat menjadi rapuh kepercayaannya terhadap partai politik yang akhir-akhir ini kurang berpihak pada rakyat sebagaimana telah menjadi perbincangan pada semua strata kehidupan. Baik dalam forum intelektual, para pengamat poltik, politisi hingga obrolan warung kopi.

Banyaknya jargon-jargon yang digembar-gemborkan oleh partai politik yang berujung pada kekecewaan masyarakat membuat mereka menjadi semakin apatis terhadap partai politik. Terutama bagi masyarakat yang telah memberikan kepercayaan mereka dibilik suara pada setiap diselenggarakannya pemilihan umum. Baik pada proses Pilkada, Pileg maupun Pilpres yang menjadi ajang beralihnya sebuah kekuasaan.

Fenomena ini menjadikan sebuah tantangan bagi Badarudin Andi Picunang sebagai salah satu punggawa partai Berkarya. Partai yang tergolong masih sangat belia ini sejak kelahirannya sudah mendapat angin segar dimasyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang menginginkan bangkitnya kembali kejayaan indonesia seperti pada era pemerintahan presiden kedua republik indonesia jenderal besar almarhum H. Muhamad Suharto.

Partai yang menggadang-gadang Tomy Suharto sebagai icon nya terus bergerak maju dan berkembang. Keinginan masyarakat akan hadirnya sebuah partai yang diharapkan mampu mengembalikan kejayaan indonesia ini telah menjadi modal dasar dalam rangka membangun dan mengembangkan partai Berkarya ke seluruh wilayah hukum indonesia dari ujung sumatera hingga ujung papua.

Keterpurukan ekonomi serta berbagai kebijakan yang kurang berpihak pada rakyat akhir-akhir ini juga merupakan sebuah alasan mengapa mereka begitu menggantungkan harapan yang besar terhadap partai yang dibidani oleh Hutomo Mandala Putra sebagai ketua dewan pembina dipartai ini.

Seiring dengan semakin tingginya resposibilitas masyarakat terhadap partai yang digagas oleh putra mahkota cendana yang telah lama absen dikancah perpolitikan tanah air ini terus dikemas dan dikembangkan secara cerdas oleh para punggawa partai dalam mengejar target jangka pendek yaitu lolos verifikasi sebagai partai peserta pemilu yang waktunya akan segera tiba.

Berbagai persiapan menuju sukses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual pria kelahiran Makasar ini nyaris menghabiskan waktunya untuk melakukan konsolidasi kesemua jenjang kepengurusan demi terciptanya kekuatan dan kekompakan yang solid disemua tingkatan.

“Kita ini kan partai baru. Yang penting kita lolos verifikasi dulu di KPU RI. Setelah itu nanti akan kita lakukan langkah-langkah selanjutnya dalam menyusun konsep pembesaran dan pemenangan partai” kata Badarudin Andi Picunang beberapa waktu lalu dikantor DPP Partai Berkarya ditengah-tengah kesibukannya mempersiapkan berkas administrasi kepengurusan dan keanggotaan partai yang akan menjadi bahan persyaratan pendaftaran partai politik sebagai calon peserta pemilu 2019 yang akan datang. Puluhan container berisikan berkas dengan nomor-nomor tertentu sebagai perwakilan 34 provinsi yang merupakan syarat wajib bagi semua partai untuk memenuhinya sebagai peserta pemilu.
  
Saat ditanya apa kiat yang membuat partai Berkarya ini bisa sukses dalam membangun dan mengembangkan sekaligus lolos dalam verifikasi sebagai partai peserta pemilu punggawa partai Berkarya ditingkat pusat ini, suami dari Salma Herawati badar hanya menjawab “Kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan sabar serta tetap selalu memanjatkan do’a kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dalam menghadapi berbagai dinamika yang berkembang diseluruh tanah air. Terutama problematika yang kami alami yaitu terkait pembiayaan secara finansial” jawabnya diantara kerumunan awak media usai pengumumam hasil Rapat Pleno KPU RI tentang partai peserta pemilu yang diselenggarakan di hotel Grand Mercure, Harmoni Jakarta Pusat. (17/02/2018)

Kebutuhan akan dana pengembangan partai menjelang verifikasi administrasi dan verifikasi faktual memang merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam menjalankan semua tahapan sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum PKPU yang pada penyelenggaran kali sempat mengalami perubahan.

Perubahan PKPU No. 7 dan 11 menjadi PKPU No. 5 dan 6 seungguhnya tanpa disadari justru memerikan sebuah kemudahan yang merupakan keberkahan sekaligus anugerah bagi partai Berkarya. Dimana saat diberlakukannya PKPU No. 5 dan 6, partai Berkarya telah melewati fase verifikasi Faktual Perbaikan. Yang bersamaan dengan penerapan dan pelaksanaan PKPU No. 5 dan 6 yang merupakan hasil perubahan berdasark penyesuaian yang diakibatkan oleh amar putusan MK No. 53 tanggal 11 januari 2018 yang memutuskan bahwa semua partai calon peserta pemilu diwajibkan untuk melaksanakan verifikasi faktual.

Partai Berkarya beserta 3 saudara barunya yaitu Perindo, PSI dan Garuda telah melaksanakan tahapan tersebut sebelum putusan MK diberlakukan. Sehingga yang pada awalnya  dapat dianggap menjadi sebuah kendala atau kesulitan justru hal tersebuta membawa dampak positif yang kita menyebutnya sebuah anugerah dan keberkahan bagi partai Berkarya.

Proses fase hasil verifikasi faktual perbaikan bagi partai Berkarya yang sempat mengalami hujan status MS (Memenuhi Syarat) sebagai partai peserta pemilu diberbagai daerah kabupaten kota yang mengalami proses verifikasi faktual perbaikan. Sehingga hari Jum’at tanggal 2 Februari 2018 dikenal sebagai “Jum’at yang membawa Berkat” bagi partai Berkaya. Alhamdulillah semua niat yang baik, cita-cita yang mulia dikemas dalam ketulusan dan keikhlasan demi terciptanya perubahan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara melalui wadah perjuangan rakyat Partai Berkarya akhirnya sampai juga pada waktu yang diharapkan dengan hasil yang sangat gemilang.

Namun tak banyak orang yang mengetahui bahwa sosok motor penggerak partai berlambang pohon beringin yang berotak hijau ini telah mewakafkan waktunya untuk mengoraginisir partai sekaligus mengembangkan dalam konsepsi pemenangan secara elegan.

Kegigihan, ketangguhan mentalitas yang dibalut dengan kesantunan dalam bersikap dan bertindak guna meningkatkan soliditas demi tercapainya tujuan bersama yaitu lolos verifikasi sosok yang bisa disebut pendiam ini terus berusaha dan berupaya sekuat tenaga dalam menjaga keutuhan dan kebersamaan dalam perjuangan pengembangan  partai. 

Ditangan sosok bapak dua anak inilah partai Berkarya dikendalikan secara intensif dari ruang pengendalian administrasi yang sangat difokuskan saat ini menuju lolos verifikasi.Tak heran jika hingga dini hari masih nampak keluar masuk ruang kerja IT yang dimaksudkan untuk melakukan pemanatau secara langsung yang kemudian dilakukan komunikasi dan koordinasi keberbagai jenjang kepengurusan terkait penyempurnaan administrasi yang dibutuhkan sebagai syarat yang diwajibkan.

DPP yang membawahi 34 provinsi sebagai struktur organisasi partai yang tersebar diseluruh tanah air bukanlah pekerjaan yang ringan. Beratnya tanggung jawab yang diemban oleh seorang sekjen sungguh banyak hal yang terkadang tak sempat kita bayangkan. Dalam menyikapi dinamika dan perkembangan yang sangat dinamis dilapangan sosok yang dikenal santun ini terkadang tanpa disadari dengan kehilafan yang melekat pada sifat manusia yang tak pernah sempurna mungkin juga melakukan sesuatu yang tak semestinya dilakukan.


Namun kita harus berbesar hati untuk dapat memaklumi sebuah kondisi yang tak dapat dihindari demi menjaga dan memelihara spiritualitas yang telah berkembang dan berlangsung dengan begitu semangat untuk mewujudkan impian jangka pendek yaitu lolos verifikasi. Keteguhan jiwa yang berpeluk erat dengan kesabaran yang tinggi memang sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin yang leadership.

Menyikapi berbagai problematika dilapangan kita semua pasti sepakat bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Terlebih sebagai oraganisasi tingkat nasional bahkan sebuah partai politik yang didalam nya tentu memiliki latar belakang yang sangat beragam.

Alhamdulillah dibalik keberagaman itu akan selalu ada suatu persamaan dan menjadi sebuah kekuatan yang maha dahsyat yaitu cita-cita mulia yang sama dalam meloloskan partai pemberi harapan rakyat ini. Waktu, tenaga, pikiran dan biaya dikorbankan oleh seluruh insan Berkarya diseluruh indonesia dengan skala yang berbeda-beda tentunya. Itulah wujud nilai perjuangan yang tak kan pernah bisa tergantikan kecuali dengan rasa syukur dan kepuasan atas nilai-nilai perjuangan partai ini. Rangkaian pristiwa dan kejadian serta jalan panjang berliku yang terekam oleh waktu merupakan catatan amal baik para anak bangsa yang masih mencintai negerinya. Pengalaman dan seluruh kejadian yang dialami partai Berkarya inilah yang tercatat oleh alam sebagai “Partai Pembeda”.

Partai yang akan mampu merubah sebuah paradigma yang keliru saat ini dimasyarakat. Partai Berkarya diharapkan akan mampu mengembalikan marwah partai sebagai wadah perjuangan rakyat demi memenuhi keinginan masyarakat sekaligus melanjutkan cita-cita para mujahid dan para pahlawan serta pendiri bangsa yang telah lama meninggalkan kita.

Kehadiran partai Berkarya harus mampu membuat para pahlawan yang gugur dimedan pertempuran demi merebut kemerdekaan untuk bisa tersenyum dialam sana. Sehingga partai Berkarya harus memberikan ekspektasi besar terhadap seluruh rakyat indonesia yang merindukan bangkitnya kembali kejayaan indonesia sekaligus melanjutkan cita-cita bangsa untuk dapat memberikan keadilan, kemakmuran dan kesejahteraan bagi rakyat indonesia. Semoga...!!!

#BJP_suaraberkarya



Komentar Anda

Terkini: