OPINI : Berkarya Membangun Negeri dengan Lembaga Management Asset Desa

/ April 1, 2018 / 8:11 AM
Bagikan:

Elhan Zakaria
SUARABERKARYA.COM, TASIKMALAYA - Menikmati perjalanan dari Jakarta ke Tasikmalaya kali ini mengingatkan saya kepada beberapa hal. Entah dalam perjalanan yang ke berapa kalinya ini, namun jalanan yang berliku mengingatkan saya kepada jalan hidup yang memang terkadang berliku. Lihat ke kiri dan kanan dikedalaman jurang, mengingatkan betapa curamnya perjalanan hidup ini yang banyak  kejutan. Aneh perjalanan kali ini saya hanya berpikir soal perjalanan hidup ini. Sepertinya, ini bagian dari kesadaran saya akan apa yang sebetulnya terjadi di sekeliling saya. Untuk hal kepartaian atau pun hal hal bisnis yang mulai dikembangkan lagi.
 

Namun apalah mampu saya, tanpa tim saya pun tidak akan bisa mengembangkan dan menjadikan nyata sebuah impian. Dalam perjalanan hidup,yang tetap harus bergerak agar tidak menjadi yang tertinggal. Aman nyaman tentram semua lapisan masyarakat dengan harga ekonomi yang mudah dijangkau oleh masyarakat tingkat bawah. Ramuan jurus untuk memakmurkan negeri sepertinya harus sudah dikombinasikan dengan teman teman dari berbagai tempat. Indonesia begitu luas, Indonesia bukan hanya Jakarta.

Sampai di Tasikmalaya kami mulai dengan pembicaraan ringan, kita bertukar pikiran dalam hal ekonomi kerakyatan. Ada beberapa orang yang berkumpul dan, dengan porsi yang pas didalam bidangnya. Yangmulia Dicky adalah sesepuh di Sukapura (Tasikmalaya), beliau mengarahkan kami untuk selalu menjunjung tinggi adat dan budaya serta hal kearifan lokal. Ada satu teman yang mengerti sistem perbankan dan koperasi, namanya Ridho, dan satu lagi Mela Sundari, perempuan asli sunda yang berbakat dalam hal ekonomi kreatif.

Nilai nilai kearifan lokal di Tasikmalaya pun kita jadikan bahan diskusi utama, sehingga kami menemukan sebuah ramuan untuk menggerakan ekonomi kerakyatan yang kreatif. Gerakan masyarakat kita padukan dengan konsep konsep yang matang, agar menjadi sebuah gerakan yang baik dan menguntungkan bagi masyarakat itu sendiri.

Potensi Sumber Daya Alam

Perihal sumberdaya alam yang ada di Tasikmalaya, masih banyak yang belum terolah dengan maksimal. Lebih kurangnya seharusnya bisa diorganisir yang merata dari berbagai sektor yang ada. Entah itu dari sektor pertanian atau pertambangan pasir dari gunung Galunggung. Apabila bisa diterapkan dengan sebuah sistem yang maksimal saya yakin Sumberdaya Alam yang ada akan maksimal juga dalam pengelolaan hasil yang diperoleh. Sistem korperasi, saya pikir ini akan menjadi hal yang secara langsung menstabilkan ekonomi masyarakat disetiap lapisan. Ekonomi masyarakat bawah kuat, saya yakin ekonomi negara juga akan menguat.

Fasilitas produksi untuk sumberdaya alam yang melimpah ini, akan lebih terkoordinir dan maksimal apabiila dimiliki masyarakat dengan konsep koperasi. Organisasi masyarakat pun seharusnya dimaksimalkan, dengan dikuatkan kelompok kelompok tani desa agar semua terkoordinir dan terpenuhi kebutuhannya. Koperasi dikuatkan dengan semangat gotong royong, yang juga catatan aset desa dengan administrasi yang harus berdasarkan asset yang pasti dan berada disekitar dan terdekat dan dimiliki oleh masyarakat desa itu sendiri.

Untuk dibeberapa desa pasti memiliki potensi SDA yang unggul seharusnya dikuatkan di potensi itu. Seperti misalkan di Desa A, potensi unggulannya adalah Pasir Galunggung, maka dibentuklah koperasi dengan konsep koperasi ekonomi kerakyatan berdasarkan itu, begitupun di Desa lainnya, begitupun di Desa lainnya yang pasti ada potensi SDA yang terunggul , baik perkebunan atau pertanian seperti kelapa atau kopi.

Cara-cara untuk memaksimalkan sumberdaya alam desa banyak cara, misalkan dengan dibuat olahan olahan jadi dari hasil sumberdaya alam yang ada d desa tersebut.  Inti permasalahan di daerah lain pun hampir sama, masih banyak potensi alam desa potensi sumber daya desa yang belum dimaksimalkan. Namun apalah daya upaya kita, tanpa tim yang solid pun ini hanya akan menjadi wacana saja, diperlukan keteladanan diperlukan kesolidan antar individu. Tentunya setiap orang memiliki rencana masing untuk memajukan daerahnya. Alangkah lebih baik kalau perencanaan perencanaan itu dikembangkan dan dipatenkan dalam sebuah lembaga sehingga akan menemukan sebuah titik fokus yang dijadikan goal tujuan bersama.

Lembaga management asset desa bukan Anti Investasi Asing

Konsep ekonomi kerakyatan menurut saya tidak bisa dikatakan anti d atau anti investor.  Justru dengan konsep ini peranan Bu5mDes akan lebih bisa bersinergi maksimal. Misalkan BumDes menyediakan lumbung atau membuat gudang hasil panen. Namun menurut saya,memang harus dibuat satu lembaga atau PT yang memang ditugaskan khusua untuk me-management-kan asset desa, seperti SDM dan ada nya. Juga bisa bisa dijadikan portal untuk melakukan join venture dengan pihak pemerintah atau pihak swasta. Sehingga pekerja koperasi dan Usaha Independen yang ada di desa bisa tetap bersinergi dengan daerah daerah yang lain dan jaringan yang lain.

Jangan Mau Dikecilkan oleh yang Besar

Saya yakin untuk ekonomi kerakyatan di desa pasti akan berjalan dengan baik, apabila dibentuk koperasi yang sesuai dengan SDM dan SDA yang ada di desa tersebutAkan tercipta semangat gotong royong dalam mencapai tujuan. Dan tetap, harus ada asset dan Usaha Independen masyarakat desa yang bergulir terus menerus, seperti sebuah roda. Itu yang membuat ekonomi stabil di tingkat pemerintahan bawah. Kalau ekonomi di desa kuat, ke struktur atas pun akan kuat.

Desa kuat Negara Kuat, dengan pola ekonomi kerakyatan yang mengoptimalkan sumber daya alam yang ada di satu desa atau lebih, diolah, dipacking, dijualSelain mengurangi pengangguran, juga meningkatkan pendapatan ekonomi di masyarakat Desa khususnya. Hanya saja, saya kurang setuju apabila kelompok kelompok.usaha masyarakat terus menerus disebut Usaha Kecil, atau Usaha Masyarakat Kecil Menengah. Menurut saya dengan kata UMKM masyarakat itu seolah dikecilkan. Dianggap Kecil oleh mereka yang besar.

Mari kita besarkan hati kita sebagai masyarakat, mari kita mulai dengan jiwa besar dengan mengutamakan kepentingan bersama. Untuk menjadi besar kita harus berjiwa besar dan dalam suatu lini masyarakat pasti ada yang menjadi yang terunggul.

Ini hanya opini saya, saya yang terus menerus bergerak melakukan perjalanan ke berbagai daerah di bumi nusantara ini. Saya mempelajari banyak hal dari setiap perjalanan ke pelosok daerah hanya untuk belajar dan terus belajar, mencari konsep dan solusi untuk bumi nusantara kedepannya.

Jadikan masyarakat indonesia untuk menjadi masyarakat yang cerdas, sudah tidak zaman nya lagi kita diadu domba oleh sekelompok kepentingan yang sesaat. Mari satukan kekuatan untuk tujuan bersma demi mendapatkan kekuatan bersama untuk menggerakan ekonomi kerakyatan, dari rakyat SDM dan SDA nya., Oleh Rakyat diolah SDM dan SDA nya, untuk Rakyat Hasil SDM dan SDA nya. Disitulah diperlukan sebuah Lembaga Management Asset Desa.

Mari Berkarya Memakmurkan Negeri...!!!

Elhan Zakaria
Sekwil Madukara Provinsi Jawa Barat

Komentar Anda

Terkini: