Transparansi Adalah Bagian Penting Dalam Membangun Soliditas Sekaligus Harmonisasi Organisasi Partai Berkarya Menuju Kemenangan

/ May 11, 2018 / 11:11 AM
Bagikan:
Silaturahmi Dan Konsolidasi Partai Berkarya Kota Tangerang
 SUARABERKARYA.COM, TANGERANG – Pepatah lama mengatakan “Tak Ada Gading Yang Tak Retak” rupanya masih memiliki relevansi hingga diabad modern seperti ini. Ungkapan yang dapat kita maknai bahwa tak ada permasalahan sesulit apapun yang tak dapat dipecahkan dan diselesaikan jika kita mau bermusyawarah terlebih dahulu secara terbuka. Sehingga dapat meyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah.

Transparansi adalah kata lain dari keterbukaan dalam arti yang seluas-luasnya untuk dapat membangun, menjalankan sekaligus mengembangkan sebuah organisasi bahwa keterbukaan merupakan bagian yang wajib dipelihara dan tak dapat ditinggalkan. Apalagi dalam organisasi partai politik. Masukan, saran, pendapat serta kritikan yang bersifat konstruktif juga sangat dibutuhkan sebagai alat evaluasi demi kemajuan tentunya. Karena pujian yang berlebihan serta kepatuhan yang buta justru dapat menjerumuskan kita pada jurang kehancuran karena lost control akibat terbuai oleh sanjugan yang penuh dengan kemunafikan.


Terlebih dalam partai politik, karena yang dikendalikan adalah orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda dari segala aspek kehidupan dimasa lalunya. Dan sangat jauh berbeda dengan management organisasi industri yang mungkin secara otomatisasi dapat dikendalikan hanya dengan menekan satu tombol saja. Atau management militer yang cukup dengan perintah satu komando. Dinamika dan perkembangan partai Berkarya Kota Tangerang yang menurut H. Helldy Agustian sangat dinamis dibandingkan beberapa kota di provinsi Banten, semalam telah melakukan rekonsiliasi dan konsolidasi sekaligus diresmikannya kantor sekretariat DPD Kota Tangerang yang baru. Kamis, (10/05/2018)

Dalam sambutan pembuka pada acara Silaturahmi dan Konsolidasi partai Berkarya kota Tangerang malam tadi, Muhidin Jalih atau yang akrab disapa Bang Jalih Pitoeng mengatakan sekaligus mengajak untuk dapat membangun soliditas dan kekompakan dengan memelihara komunikasi, transparansi serta meletakan musyawarah sebagai salah satu yang harus dijunjung tinggi dalam menjalankan roda organisasi. Partai Berkarya yang telah mematok jargon “Berkarya Menang, Rakyat Makmur...!!!” tentunya harus didukung dengan semangat kebersamaan yang penuh kekompakan tanpa meninggalkan keterbukaan dan akuntabilitas yang tinggi agar dapat meraih kemenangan. Akan jauh panggang dari jika  kita  mengabaikan beberapa hal tadi. Karena kita akan sangat ketinggalan jauh oleh partai-partai lain yang sudah tidak lagi terjebak dalam hal-hal seperti itu khususnya di kota Tangerang yang memiliki masyarakat yang sangat kritis dalam menyikapi berbagai persoalan.

H. Suyadi Putra (Ketua Panitia Bacaleg) Saat Melaporkan Capaian Bacaleg Kota Tangerang
Malam tadi, diawal sambutannya, Haerudin selaku ketua DPD partai Berkarya kota Tangerang juga menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh pengurus DPD dan DPC partai Berkarya Kota Tangerang sekaligus mengucapkan terimakasih kepada H. Toto Aminoto ketua DPD partai Berkarya Kabupaten Tangerang. “Saya atas nama ketua DPD partai Berkarya Kota Tangerang, mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama ini kita jarang berkomunikasi. Akan tetapi tidak mengurangi silaturahmi saya, kadang-kadang kita juga sering di WA Group”. Ungkapnya.

Haerudin selaku ketua DPD kota Tangerang juga telah menyampaikan permohonan maafnya kepada H. Toto Aminoto, yang karena kehilafan nya telah berimbas kepada partai seccara institusi dan seluru kegiatan mengalami stagnasi selama ini. “Alhamdulillah tadi pagi saya juga datang ke rumah pak haji (H. Toto Aminoto) menyampaikan permohonan maaf dan sekaligus saya mengundang baik secara pribadi maupun secara kepartaian, Alhamdulillah beliau bisa hadir. Dan ada rasa terimakasih serta kebanggaan saya beliau bisa hadir pada malam ini”. Menambahkan dalam sambutannya.

H. Helldy Agustian selaku ketua DPW partai Berkarya yang selalu hadir bersama sekwilnya H. Fauzi Salam dalam setiap kesempatan, juga menyampaikan pesan dan harapannya “Mudah-mudahan hari ini adalah titik dimana DPD Kota Tangerang menuju kesuksesan. Dengan catatan tadi jangan sampai nanti saya bicara walaupun pahit saya harus ngomong. Artinya  yang namanya suami istri jangan sampai ada dusta diantara kita.  Ya artinya harus ada transparansi “keterbukaan”. Pintanya menegaskan.

Lanjut Helldy, “Yang mana tujuannya adalah bahwa partai ini kita bangun dari keringat kita, dari modal kita bareng-bareng, dari usaha kita bareng-bareng yang mana sekarang ini lagi dipertengahan jalan pak. Belum sampai ketitik pinishnya. Belum menurut saya. Kalo kemaren standarisasi atau target kita cuma lulus doang menurut saya buat apa. Kalo cuma meluluskan partai terus kemudian enggak ada anggota dewannya buat apa”. Ungkapnya.

“Tapi bagaimana menurut saya sekarang ini untuk finaly untuk pinishnya ini adalah bagaimana kita bisa meberikan kontribusi yang lebih untuk kota Tangerang dengan banyaknya legislatif dari partai Berkarya dikota Tangerang”. tambahnya penuh harap yang diamini oleh seluruh yang hadir.    

Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Tangerang H. Toto Aminoto yang hadir malam tadi mengatakan “Dari kesalahan kita bisa jadi benar. Dari kesalahan kita bisa jadi pintar. Mudah-mudahan kedepannya akan jadi lebih baik lagi”. Pesan dan harapnya ditengah-tengah yang hadir malam tadi.

Dipenghujung acara konsolidasi tadi malam, Al Fauzi Salam selaku sekwil partai berkarya Provinsi Banten juga melaporkan perkembangan pencalegan secara rinci disemua kabupaten kota. Baik mengenai target pencukupan quota, keterwakilan gender serta bacaleg-bacleg mulai dari DPR RI, DPRD provinsi hingga DPRD kabupaten kota yang sudah mencapai kurang lebih 70%. Dalam laporannya, sekwil Banten inipun mengatakan “Insya Allah besok kita akan ke Pandeglang dan lebak. Mudah-mudahan capaian pencalegan ini akan terus meningkat. Kita masih punya waktu 30 hari lagi hingga saat waktu penutupan pendaftaran Bacaleg” tegasnya penuh harap.

Di akhir penutupan acara semalam, sekretaris DPD kota Tangerang, Muhidin Jalih juga dalam menyambut bulan suci Ramadhan menyampaikan “Marhaban ya Ramadhan mohon maaf lahir dan bathin. Saya atas nama pribadi maupun atas nama sekretaris DPD mohon maaf jika selama ini memiliki kehilafan dan kesalahan serta tidak dapat memuaskan semua pihak”. Disamping itu pula dirinya menyampaikan bahwa semua aspek legalitas terkait syarat sebuah sekretariat partai, dirinya akan mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan guna melengkapi syarat legalitas kantor sekretariat sebuah partai. “Mulai malam ini kita akan mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan terutama aspek legalitasnya sekaligus akan menyelesaikan segala sesuatu yang belum diselesaikan di kantor yang lama. Kita akan selesaikan ditingkat pengurus DPD karena ini adalah ranah kami sebagai pengurus yang tidak bisa saya sampaikan diforum ini“ pungkasnya.

Semoga dengan semua kejadian dan pristiwa yang terjadi dapat dipetik hikmah yang terkandung dibaliknya sebagai sebuah dinamika dan proses pembelajaran bagi kita semua tentang arti penting sebuah komunikasi, transparansi, musyawarah dan keterbukaan dalam mengorganisir sebuah partai politik demi kemajuan dan kemenangan sebagai targetnya. (BJP)

Komentar Anda

Terkini: