Jurus jitu Investasi Kekinian

/ March 15, 2020 / 7:27 PM
Bagikan:

Ishana adriana d, MM. CFP

Didalam hidup kita perlu nih berinvestasi nah investasi bisa dalam bentuk saham,  reksa dana,  dollar,property dan emas.
Minimal sisihkan dana untuk berinvestasi minimal 10 % dari uang gaji atau pendapatan kita per bulan
Apa itu investasi saham? Investasi saham adalah investasi pada perusahaan yang tercermin dari harga saham dan pembagian laba dalam bentuk deviden.
 Bagaimana cara membeli saham?
Dengan kemajuan teknologi, beli saham bisa mudah dilakukan secara online tanpa perlu ke kantor broker.
Dimana membeli saham secara online dilakukan?
Lewat aplikasi broker saham yang menjadi Anggota Bursa di BEI.
Bagaimana pembukaan rekening saham?
Mudah dilakukan dengan mengisi formulir pembukaan secara online dan tanda tangan, lalu kirim hard-copy ke broker saham.
Mengapa perlu menabung saham?
Untuk melawan inflasi
Inflasi dapat didefinisikan sebagai kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus sehingga nilai uang terus menurun. Agar uang kita selalu bisa mengejar naiknya harga-harga, kita harus pintar-pintar mengelolanya, salah satunya dengan investasi. Banyak tipe investasi diantaranya properti, emas, saham, obligasi, mata uang, berwirausaha, dan lainnya. Tahukah kalian? Ada investasi yang terbukti memberi keuntungan jauh dia atas kenaikan harga barang, yaitu investasi saham!
Makanya, jangan mau dikalahkan oleh inflasi, Yuk Nabung Saham!
Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami tekanan mendalam akibat kepanikan investor di tengah wabah Covid-19 alias virus korona.

Dalam sepekan, IHSG mengalami penurunan 10,75% menjadi 4.907,57 pada penutupan perdagangan Jumat (13/3/20).

IHSG pernah mencapai ke level 6.600
Di awal tahun 2020 level 6300
Total penurunan sampe saat ini mencapai 12% nan time to buy?
Contoh kasus nyata:
Dilansir dari Forbes, Senin (9/3/2020), kekayaan 10 orang paling tajir di China bertambah hampir 14,5 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 208,7 triliun (kurs Rp 14.396 per dollar AS) dalam sepekan terakhir.

Bertambahnya kekayaan para miliarder ini menyusul penguatan indeks saham China pada pekan lalu. Pada Jumat (6/3/2020), indeks bursa saham Shanghai dan Shenzhen menguat 5 persen.


Sedangkan untuk dollar masih menguat di level
USD/IDR 14.815

Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau yang biasa disebut emas Antam mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada hari Senin (9/3/2020). Emas batangan 100 gram yang kerap dijadikan acuan dibanderol Rp 80.2 juta/batang atau Rp 802.000/gram.

Tetapi setelah mencapai rekor tersebut, harga emas Antam langsung nyungsep, menurun 5 hari beruntun. Pada hari ini, Sabtu (14/3/2020) harga emas batangan 100 gram dibanderol Rp 76 juta/batang (Rp 760.000/gram), turun dibandingkan Jumat kemarin Rp 76,3 juta/batang (Rp 763.000/gram), berdasarkan data dari Butik LM-Pulo Gadung di situs resmi logammulia.com.

Itu artinya, sejak mencapai level rekor tertinggi hari Senin hingga hari ini, harga emas Antam sudah merosot Rp 42.000/gram atau 5,24%.

Dan saat ini covid-19 sedang mengguncang dunia, lalu apakah hidup kita juga ikut berhenti sampai disini?  Jawabannya tentu tidak setiap masalah pasti ada jalan keluar , memang saat ini perekonomian secara global sedang lesu namun hidup harus optimis karena sudah disosialisasikan bagaimana caranya agar tidak tertular covid 19 seperti : menjaga stamina tubuh agar sehat,  cuci tangan dengan sabun sesering mungkin dan gunakan hand sanitizer serta saat ini pemerintah menginstruksikan social distancing measure apa artinya?

1. Sebisa mungkin berdiam di rumah
2. Hindari tempat umum seperti mal & bioskop
3. Usahakan di ruang terbuka & berjemur matahari
4. Hindari tempat tertutup & lembab seperti gedung berAC
5. Hindari kumpul2 entah reuni, arisan & sebagainya.
4. Hindari menghadiri kegiatan masal.

Mungkin berat karena kita orang Indonesia senang berkumpul dan bersosialisasi tapi demi kebaikan bersama, untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona, maka hal ini SANGAT PENTING kita lakukan

Makan makanan sehat, minum, istirahat dan olahraga serta mendapatkan sinar matahari yang cukup,

Saat ini sedang banyak yang sulit mendapatkan hand sanitizer kita buat sendiri aja yuk
ini cara membuat hand sanitizer sesuai standar :

Terdapat dua resep hand sanitizer dalam panduan dari WHO ini. Resep pertama menggunakan ethanol 96% dan resep kedua menggunakan isopropil alkohol 99,8%. Berikut uraiannya.
Resep 1: Hand sanitizer dengan bahan Ethanol 96%
Untuk hasil akhir hand sanitizer sebanyak 1 liter, berikut bahan-bahan yang diperlukan:
Ethanol 96% sebanyak 833 mlGliserin sebanyak 14,5 mlHidrogen peroksida sebanyak 41,7 mlAir suling steril (distilasi) atau air minum yang direbus ditambahkan hingga larutan mencapai 1 liter (sekitar 110 ml atau hingga mencapai batas 1 liter pada gelas ukur).
Resep 2: Hand sanitizer dengan bahan isopropil alkohol 99,8%
Untuk hasil akhir hand sanitizer sebanyak 1 liter
Isopropil alkohol 99,8% sebanyak 751,5 mlGliserin sebanyak 14,5 mlHidrogen peroksida sebanyak 41,7 mlAir suling atau air minum yang direbus ditambahkan hingga larutan mencapai 1 liter (sekitar 192 ml atau hingga mencapai batas 1 liter pada gelas ukur).

Bahan-bahan tersebut tersedia di apotek atau toko bahan kimia. Jika Anda membelinya di toko bahan kimia, siapkan fotokopi kartu identitas Anda karena pihak toko biasanya akan memintanya.

Berbagai bahan di atas biasanya tersedia dalam ukuran masing-masing 1 liter. Jika tersisa banyak, dapat Anda simpan untuk pembuatan selanjutnya.
alat-alat yang diperlukan untuk kedua resep,
Berikut alat-alat yang perlu dipersiapkan sebagai cara membuat hand sanitizer:
Gelas ukurCorongJerigen/botol bersih berukuran 1 liter untuk mencampur semua bahanBotol plastik spray ukuran 50 ml atau 100 ml untuk membagi hand sanitizeryang sudah jadi.

Langkah-langkah di bawah ini perlu diikuti secara rinci agar hasil yang diharapkan sesuai dengan standar panduan dari WHO.

Ukur semua bahan sesuai dengan takarannyaPertama masukan ethanol atau isopropil alkohol pada jerigen/botol bersihMasukan hidrogen peroksida ke dalam jerigen/botol berisi alkoholSelanjutnya, masukan gliserin ke dalam jerigen/botol. Perlu diperhatikan bahwa cairan gliserin lengket dan kental, jadi pastikan jangan ada yang tertinggal di gelas ukur dengan cara membilasnya dengan air suling.Setelah semua bahan terkumpul dalam jerigen/botol tambahkan air suling hingga mencapai 1 liter.Segera tutup jerigen/botol setelah semua bahan dimasukan untuk menghindari menguapnya alkohol.Campurkan semua bahan dengan cara mengocok jerigen/botol dengan perlahan hingga dapat dipastikan semua bahan tercampur rata.Segera bagikan campuran hand sanitizerke dalam botol yang lebih kecil agar mudah untuk digunakan.Simpan botol-botol tersebut selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi mikroorganisme dari wadah botol.Hand sanitizer siap digunakan.

Keep in rich and keep healthy

Salam
Ishana adriana d, MM. CFP
Komentar Anda

Terkini: