Corona yang menghantui umat manusia diseluruh dunia justru membawa dampak positif bagi Narapidana

/ April 3, 2020 / 5:31 PM
Bagikan:
Muhidin Jalih alias Jalih Pitoeng

SUARABERKARYA.COM, TANGERANG - Ternyata tidak semua dampak Corona Virus Covid-19 itu negatif. Pada kenyataanya justru membawa nilai positif bagi narapidana yang berada di seluruh Lembaga Pemasayarakatan (LAPAS).

Hingga saat ini sudah ratusan orang yang dipulangkan atau dibebaskan dari Lapas Pemuda kelas 2A Kota Tangerang yang merupakan dampak positif dari keputusan menteri hukum dan HAM nomor MH.HH-19.01.04.04 TAHUN 2020 yang ditandatangani oleh Yasonna Laoly pada 30 Maret 2020 yang baru saja berlalu.

Jalih Pitoeng yang sempat memberikan konsultasi hukum mengenai Kepmen tersebut menyampaikan melalui hubungan telepon yang tersedia di Lapas, bahwa Lapas Pemuda kota Tangerang telah memulangkan atau membebaskan para Narapidana sesuai dengan keputusan menkumham tersebut.

"Hingga hari ini Lapas Pemuda kota Tangerang telah membebaskan para napi sudah ratusan orang jumlahnya" kata aktivis yang dikenal kritis dan lantang tersebut, Jum'at (03/04/2020)

Ditanya berapa jumlah yang sudah dipulangkan atau dibebaskan Jalih Pitoeng yang merupakan salah satu terdakwa yang juga ditahan di Lapas Pemuda kelas 2 A kota Tangerang ini justru meminta untuk menghubungi pihak terkait dalam hal ini Lapas Pemuda Kelas 2 A kota Tangerang

"Coba tanyakan pada pejabat berwenang di Lapas ini. Saya tidak punya kompetensi untuk menjelaskan secara rinci" pinta Jalih Pitoeng

Sebelumnya Jalih Pitoeng juga banyak dikunjungi rekan-rekan napi ke kamar sel nya di blok A 11 samping masjid At-Taubah dimana tempat para napi melakukan sholat Jum'at dan sholat berjamaah.

Dirinya berusaha memberikan konsultasi mengenai penerapan dan pemberlakuan kepmenkumham dimaksud kepada para napi yang membutuhkan penjelasan.

"Ini sebuah konsekwensi dan kewajiban sekaligus tanggung jawab moral karena saya yang telah melontarkan informasi berharga tersebut saat diskusi para pengurus kamar dan blok bersama KPLP pada 31 Maret 2020 kemarin" sambung Jalih Pitoeng menjelaskan.

"Karena sekecil apapun yang bisa kita perbuat perbuatlah. Walau hanya sebatas melakukan sebuah tindakan yang bersifat informatif. Namun ternyata itu sangat bermanfaat bagi mereka" tambah Jalih Pitoeng

Diketahui juga 2 hari terakhir ada beberapa orang napi yang datang ke kamar sel A 11 untuk pamit pulang dengan gembira dan penuh sukacita menemui Aktivis kelahiran betawi untuk berpamitan atas pembebasan mereka.

"Semoga mereka kawan-kawan kita para napi bisa berkumpul kembali bersama keluarga mereka yang sudah sejak sekian lama merindukannya" pungkas Jalih Pitoeng seraya menutup percakapan teleponnya. (SB)
Komentar Anda

Terkini: