Majlis Hakim Jakarta Pusat Memutus Bersalah Terhadap Terdakwa Bom Molotov Yudi Ferdian dkk

/ April 23, 2020 / 10:53 AM
Bagikan:
Suasana Sidang Online Atas Perkara Yudi Ferdian, Okto Siswantoro dkk di PN Jakarta Pusat

SUARABERKARYA.COM, JAKARTA - Setelah hampir 7 bulan lamanya mendekam ditahanan, Yudi Ferdian dan Okto Siswantoro dkk akhirnya bisa bernafas lega karena telah mendapatkan kepastian hukum dengan masa persidangan yang demikian melelahkan.

Majlis hakim yang membacakan vonis terhadap perkara nomor 30 di pengadilan negeri Jakarta Pusat akhirnya mengetuk palu keputusan pada persidangan yang ke 13 atas perkara yang menjerat terdakwa Yudi Ferdian dkk pada hari Rabu, (22/04/2020)

Majlis hakim memvonis bersalah terdakwa Yudi Ferdian dan Okto Siswantoro dkk di PN Jakarta Pusat dengan hukuman pidana yang bervariasi.

Terdakwa Yudi Ferdian diputus bersalah oleh majlis hakim dengan hukuman pidana penjara selama 1 tahun. Sedangkan terdakwa Okto Siswantoro di vonis bersalah dengan hukuman pidana penjara selama 10 bulan dari tuntutan jaksa penuntut umum yang sebelumnya menuntut para terdakwa 2 tahun 10 bulan.

Kedua nya divonis bersalah oleh majlis hakim telah melanggar pasal 187 bis ke 1 KUHP jo ps 55 ayat (1) ke 1 KUHP dengan hukuman penjara. Kedua terdakwa tersebut menerima putusan majlis hakim.

"Bagaimana saudara terdakwa Yudi, apakah menerima, banding atau pikir-pikir dulu" tanya ketua majlis hakim, Rabu, (22/04/2020)

"Terimakasih yang mulia.  Bismillah saya menerima yang mulia" jawab Yudi Ferdian

Demikian juga terdakwa Okto Siswantoro yang menganggukan kepala tanda setuju dan menerima putusan tersebut.

Sementara Dr. Ir. Abdul Basith yang bersidang ditempat yang sama telah memasuki agenda pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum. Jaksa penuntut umum menuntut terdakwa Abdul Basith dengan tuntutan 2 tahun 10 bulan.

Hingga berita ini diturunkan, Abdul Basith juga sedang menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Kota Tangerang secara online atas perkara yang menjerat dirinya tentang tuduhan bom rakitan yang sudah memasuki agenda keterangan saksi pelapor dari pihak kepolisian.

Tidak jauh berbeda dengan Abdul Basith, terdakwa yang telah diputus perkaranya di PN Jakarta Pusat yaitu saudara Yudi Ferdian dan Okto Siswantoro juga masih menunggu proses persidangan di pengadilan negeri kota Tangerang atas perkara bernomor 253 yang menjerat dirinya, Okto Siswantoro dkk. Termasuk diantaranya adalah Jalih Pitoeng yang terseret-seret dalam perkara tersebut.
Demikian juga ada H. Mulono Santoso, Januar Akbar, M. Damar, Muhamad Nur Suryo, Iriawan, Insanial Burhamzah serta Yudi Sesan. (SB)
Komentar Anda

Terkini: