Menjelang Tuntutan JPU, Jalih Pitoeng Ucapkan Terimakasih Pada Pendukung Perjuangannya

/ June 12, 2020 / 12:14 AM
Bagikan:
Jalih Pitoeng, Januar Akbar, Damar, Mulyono Santoso dan Iwar (Saat pelimpahan berkas perkara dari Polda Metro Jaya ke Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan)

SUARABERKARYA.COM, JAKARTA - Delapan bulan hidup dalam keterasingan, Aktivis Jalih Pitoeng yang saat ini menghuni Lapas tua buatan Colonial Belanda menyampaikan pesan moral dan permohonan dukungan dan do'a menjelang akhir masa persidangan atas perkara yang menimpa dirinya.

Sosok pribadi yang kritis dalam menyikapi berbagai persoalan bangsa melalui aksi-aksi unjuk rasa damai yang diprakarsainya dalam berbagai moment dan kepentingan rakyat hingga dirinya kini ditangkap dan ditahan karena terseret-seret dalam sebuah perkara yang tak pernah diduga nya, menyampaikan terimakasih sekaligus permohonan dukungan bagi rakyat yang sejalan dengan pemikiran dan cita-citanya demi menegakan keadilan, Kamis (11/06/2020

SURAT TERBUKA

Kepada Yth,
Saudara-saudariku Pecinta Kebenaran dan Keadilan
Dimanapun anda berada

Assalamualaikum wr wbr,

Saudara-saudariku para pencinta kebenaran dan keadilan dimanapun anda berada,

Sebelumnya perkenankanlah saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang begitu peduli terhadap perjuangan ini.

Baik yang pernah mengikuti dan mendukung upaya-upaya yang konstitusional melalui aksi-aksi unjuk rasa damai dan kepedulian hingga saat saya ditangkap dan ditahan, berkunjung ke tahanan Polda, di Lapas maupun menghadiri persidangan sebagai bentuk dukungan moral. Termasuk dukungan melalui media sosial yang sangat luar biasa dari saudara-saudari facebookers.

Seluruh para aktivis, alim ulama, politisi, cendekiawan, akademisi, pelajar dan mahasiswa hingga kemasyarakat dan umat yang telah banyak memperhatikan dan memperdulikan perjuangan ini. Baik secara langsung maupun melalui media sosial lainnya. Sehingga saya tidak merasa sendirian dalam berjuang menegakan kebenaran dan mencari keadilan.

Entah esok menjadi hari Jum'at keberapa sejak Jum'at 14 Februari 2020 yang merupakan sidang perdana kami dengan agenda pembacaan dakwaan oleh jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Kota Tangerang.

17 Tahanan Politik yang diduga akan melakukan tindakan makar dan penggagalan pelantikan presiden Jokowi Oktober 2019 yang lalu, esok Jum'at 12 Juni 2020 akan dilakukan pembacaan tuntutan oleh jaksa penuntut umum pada masa persidangan yang ke 22 di Pengadilan Negeri kota Tangerang.

Kami ditangkap dan ditahan sejak Oktober 2019 lalu. Tepatnya menjelang pelantikan presiden di Mapolda Metro Jaya dengan pasal berlapis dan tuduhan alternatif.

Yaitu diduga melanggar UUD No. 12 tahun 1951 tentang bahan peledak dan senjata api serta dugaan pemukatan jahat yang dijerat melalui pasal 169 KUHP.

Namun setelah melalui proses persidangan yang sangat panjang, menggali keterangan saksi, saksi ahli dan saksi mahkota hingga saksi penyidik serta barang bukti yang tidak ditemukan, kami hingga hari in masih ditahan di Lapas Pemuda kelas 2 A kota Tangerang.

Sebagai warga negara  yang taat hukum tentunya kami hormati semua proses persidangan ini. Walau terkadang terasa sesak didada karena seakan ada yang terlalu dipaksakan dalam perkara ini.

Sebelum penasehat hukum melakukan pembelaan dan hakim menjatuhkan vonis, besok adalah momentum penting bagi kami. Kami sangat menyadari bahwa kami adalah makhluk yang lemah dimata Allah yang Maha Perkasa. Maha Pemilik Kekuasaan dilangit dan dibumi.

Oleh karena itu, dengan kerendahan hati saya hamba yang Dho'ib mewakili teman-teman para Tapol lainnya memohon kepada seluruh anak bangsa yang masih mencintai bangsa ini dan menjujung tinggi nilai-nilai luhur kejujuran, kebenaran dan keadilan demi terciptanya sebuah perubahan menuju kemakmuran dan keadilan bagi rakyat, memohon untuk berkenan mendo'akan kami agar Allah SWT memberikan yang terbaik bagi perjuangan ini.

Semoga apa yang kami lakukan dan yang anda sumbangkan dalam bentuk apapun terutama dukungan moral serta do'a akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Aamin...!!!

Tangerang, Kamis 11 Juni 2020

#BJP_Bang Jalih Pitoeng
Komentar Anda

Terkini: