Jalih Pitoeng : Gatot Nurmantyo Sosok Pemimpin Yang Bertanggung Jawab

/ August 18, 2020 / 5:00 PM
Bagikan:
Gatot Nurmantyo menyampaikan pidato Deklarasi KAMI, Selasa 18 Agustus 2020

"Gatot Nurmantyo Sosok Pemimpin Yang Bertanggung Jawab"

Oleh : Bang Jalih Pitoeng

SUARABERKARYA.COM, JAKARTA - Deklarasi KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) yang dilaksanakan ditempat besejarah bagi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu di Tugu Proklamasi yang juga bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila 18 Agustus 1945 menjadi perhatian publik bahkan hingga ke mancanegara.

Deklarasi yang dihadiri ratusan ormas dan ratusan tokoh-tokoh nasional dari berbagai komponen bangsa serta ribuan peserta tersebut juga membacakan 8 butir maklumat yang disebut sebagai jati diri KAMI.

Kami yang lahir berdasarkan kajian dan diskusi-diskusi serta upaya-upaya yang konsolidatif diharapkan dapat memberikan solusi ditengah miskinnya institusi yang seharusnya menampung, menyerap dan memperjuangkan aspirasi suara rakyat Indonesia saat ini.

Sebagai gerbong oposisi, KAMI juga lahir ditengah keperihatinan bangsa ditengah pandemi serta tingginya gelombang gerakan massa yang terhimpun oleh gerbong oposisi pendahulunya yaitu ormas-ormas islam yang tergabung dalam FPI, GNPF dan PA 212 dibawah komando imam besar Habib Rizieq Syihab yang terus memperjuangkan amar ma'ruf nahi munkar serta konsen mempertahankan sekaligus menyelamatkan Pancasila dan NKRI.

Satu diantara 8 butir maklumat tersebut yang dianggap paling fundamental adalah meminta dicabutnya RUU HIP yang saat ini bermutasi menjadi RUU BIP dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) yang saat ini menuai protes dan penolakan dihampir seluruh Indonesia ditengah pandemi Covid-19.

Gatot Nurmantyo menekankan maklumat tersebut sebagai sesuatu yang sangat fundamental dalam menyelamatkan bangsa Indonesia berdasarkan pembukaan UUD 1945 yang diberlakukan sejak 18 Agustus 1945 sebagai pijakan berbangsa dan benegara berdasarkan Pancasila.

Dari pembacaan 8 butir maklumat yang dilakukan secara bergantian dalam puncak deklarasi KAMI tersebut ada yang terselip kalimat yang sangat menggetarkan serta memukau seluruh hadirin dan rakyat Indonesia yang menyaksikan melalui siaran televisi serta media lainnya yaitu bahwa Gatot Nurmantyo adalah seorang sosok pemimpin yang cerdas, tegas, berani dan bertanggung jawab.

"Sebagai inisiator, Prof Din, Dr. Rahmat Wahab, Dr. Bachtiar Hamzah, Dr. MS. Ka'ban dan yang lain-linnya, saya tekankan disini. Sejak pembukaan acara ini sampai penutupan nanti, apabila ada hal-hal yang berdasarkan hukum, maka keseluruhannya yang bertanggung jawab adalah saya pribadi. Gatot Nurmantyo" tegas Gatot Nurmantyo diakhir pidato resminya, Selasa (18/08/2020)

Nampak pendek dan sederhana kalimat yang terucap dari mantan Panglima TNI tersebut. Namun mengandung arti dan makna yang sangat panjang dan dalam sekaligus memberikan harapan secara ekspektatif bagi rakyat Indonesia yang merindukan figur pemimpin sejati bagi bangsa ini.

Itulah kalimat seorang pemimpin sejati. Seorang prajurit TNI yang memegang sumpahnya sampai mati. Sosok pemimpin seperti Gatot Nurmantyo yang sangat diharapkan oleh bangsa Indonesia. Selain dikenal religius dan dekat dengan para alim ulama, Gatot juga membangun silaturahmi dengan para tokoh agama lain dan entnis yang ada di Indonesia dalam mempertahankan kerangka persatuan Indonesia sebagaimana terkandung dalam Pancasila.

Gatot merupakan seorang yang benani, tegas dan bertanggung jawab sebagai pemimpin. Terlebih Indonesia adalah bangsa yang besar, majemuk, bangsa yang menjunjung tinggi kebhinekaan serta keragaman budaya yang terbingkai dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan ketuhanan dan berfalsafah Pancasila. (SB)
Komentar Anda

Terkini: