Jalih Pitoeng Nyatakan Siap Menjadi Tahanan Pengganti Habib Rizieq Syihab

/ December 14, 2020 / 1:51 AM
Bagikan:
Bang Jalih Pitoeng Bersama Pengacara Kondang Alamsyah Hanafiah 


SUARABERKARYA.COM, JAKARTA - Beredarnya statment Kapolda yang berencana akan melakukan penangkapan terhadap Imam Besar Habib Rizieq Syihab diberbagai media ditanggapi serius oleh aktivis betawi Jalih Pitoeng.

Hal tersebut nampak jelas terlihat dengan diserahkannya Surat Pernyataan oleh Jalih Pitoeng kepada salah satu anggota tim penasehat hukum Habib Rizieq Shibab, Sabtu (12/12/2020)

Jalih Pitoeng hadir sejak pukul 11.00 WIB di Mapolda Metro Jaya berkaitan dengan kehadiran Imam Besar Habib Rizieq Shihab dalam memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya atas pristiwa Kerumunan yang terjadi di Petamburan beberapa minggu lalu.

Surat Pernyataan tersebut diserahkan oleh Jalih Pitoeng kepada salah satu Penasehat Hukum Habib Rizieq Syihab yang hadir mendampingi pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020)

Melalui pesan WhatsApp, Jalih Pitoeng mengatakan bahwa dirinya hadir ke Mapolda adalah sebagai wujud kecintaan terhadap ulama sekaligus dukungan moral kepada Imam Besar Habib Rizieq Syihab.

"Kehadiran saya adalah untuk memberikan dukungan moril kepada Habibana Muhammad Rizieq Syihab dalam menjalani proses pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya" ungkap Jalih Pitoeng

Kehadiran aktivis kelahiran Betawi inipun dalam kepentingan penyerahan Surat Pernyataan kesediaanya menjadi Tahanan Pengganti.

"Alhamdulillah saya bisa hadir dan sudah saya serahkan Surat Pernyataan saya kepada salah satu Penasehat hukum beliau yang hadir"   jelas Jalih Pitoeng

Diketahui bahwa isi pernyataan tersebut adalah sebagai berikut;

1. Pertama, saya mendukung proses penegakan hukum dan HAM sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku;

2. Kedua, Bahwa saya bersedia menjadi Penjamin terhadap Imam Besar Habib Rizieq Syihab;

3. Ketiga, jika terjadi hal terburuk maka saya bersedia sebagai Tahanan Pengganti bagi Imam Besar Habib Rizieq Syihab.

Jalih Pitoeng memang dikenal sangat serius dalam menyikapi berbagai persoalan. Termasuk beberapa orasinya dalam aksi-aksi menuntut keadilan, penegakan hukum dan HAM.

"Saya termasuk orang yang tidak pernah main-main dalam persoalan yang serius. Apalagi ini soal Agama dan Ulama sebagai Warosatul Anbia" kata Jalih Pitoeng, Minggu (13/12/2020)

Ditanya apakah dirinya serius terhadap langkah yang diambilnya, Jalih Pitoeng justru membeberkan pristiwa-pristiwa menegangkan semalam saat Habib Rizieq Syihab akan dibawa dengan mobil tahanan usai pemeriksaan.

"Tidak serius bagaimana. Semalam saya ikut tegang bersama dengan para penasehat hukum beliau hingga dini hari hingga usai rangkaian proses di Mapolda Metro Jaya" jawab Jalih Pitoeng

"Surat tersebut saya buat dengan niat yang ikhlas dan ketulusan hati serta penuh konsekwensi. Diterima atau tidak, saya serahkan kembali kepada kewenangan penyidik" pungkas Jalih Pitoeng

Komentar Anda

Terkini: