Jalih Pitoeng : Tak Ada Larangan Seseorang Menghadiri Persidangan Terbuka

/ January 12, 2021 / 2:23 PM
Bagikan:

SUARABERKARYA.COM, JAKARTA - Setelah seminggu lebih sejak dimulainya sidang perdana Pra Pradilan terhadap perkara Habib Rizieq Syihab di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 4 Januari 2021 lalu, kini telah memasuki babak akhir yaitu pembacaan putusan hakim, Selasa (12/01/2021)

Dari berbagai pemberitaan diberbagai media membuat masyarakat menjadi cerdas dan terbuka.

Masyarakat telah dipertontonkan dengan sebuah proses persidangan pra pradilan atas pristiwa kerumunan yang menjerat Habib Rizieq Syihab.

Beredar kabar bahwa banyak emak-emak dan para simpatisan Habib Rizieq Syihab yang akan hadir ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk menyaksikan bagaimana jalannya pembacaan putusan hakim tersebut.

Diketahui sebelumnya bahwa Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah memberikan peringatan dini bagi simpatisan Habib Rizieq Syihab untuk tidak melakukan kerumunan guna mencegah timbulnya penularan terhadap Covid-19.

Berbeda dengan Kapolres tersebut, salah satu aktivis muslim kelahiran Betawi Jalih Pitoeng justru memperbolehkan para simpatisan Habib Rizieq Syihab untuk hadir dan menyaksikan jalannya pembacaan putusan hakim.

"Saya belum pernah membaca satu pasal atau satu kalimat bahkan satu katapun  peraturan dan perundang-undangan yang melarang seseorang untuk hadir dan menyaksikan jalannya sebuah persidangan" ungkap Jalih Pitoeng saat ditemui suaraberkarya.com dikantor Djuju Purwantoro, SH., MH yang merupakan salah satu anggota tim penasehat hukum Habib Rizieq Syihab, Selasa (12/01/2021)

Aktivis yang dikenal kritis ini juga mengatakan bahwa dirinya juga telah berkonsultasi dengan salah satu pakar hukum Prof. Dr. Eggi Sudjana, SH., MH tentang hak masyarakat untuk menghadiri sebuah persidangan terbuka.

"Dan saya juga sudah berkonsultasi dengan Bang Eggi bahwa tidak ada larangan untuk itu. Namun karena saat ini sedang pandemi Covid, maka bagi yang mau hadir agar tidak berkerumun" Jalih Pitoeng menjelaskan.

Jalih Pitoeng juga berharap agar bagi para simpatisan yang tidak bisa hadir karena jarak yang jauh untuk berdo'a demi kelancaran dan kemenangan bagi perkara ini.

"Bagi para simpatisan Habibana Rizieq Syihab yang tidak bisa hadir karena jarak yang jauh atau diluar kota, dengan kerendahan hati saya mohon untuk tetap berdo'a demi kelancaran dan kemenangan atas gugatan pra pradilan yang sedang diperjuangkan oleh tim penasehat hukum Habib Rizieq Syihab yang hari ini akan dibacakan putusan hakim" pinta Jalih Pitoeng

"Saya sangat yakin dan percaya bahwa polisi tidak akan melarang warga negara yang akan hadir. Karena polisi bekerja berdasarkan peraturan dan perundang-undangan. Baik tentang Undang-Undang Kepolisian maupun peraturan dan perundang-undangan lainnya. Namun begitu semua peraturan dan perundang-undangan harus tunduk dan patuh terhadap Undang-Undang Dasar tentunya" pungkas Jalih Pitoeng. (SB)

Komentar Anda

Terkini: