Influencer Politik Elhan Zakaria berikan tips persiapan sebelum vaksin

/ June 22, 2021 / 12:19 PM
Bagikan:

Elhan Zakaria pasca Vaksin Tanggal 19 Juni 2021

Jakarta 22 Juni 2021. Elhan Zakaria Jayanagara Influenser politik owner pemimpin masa depan YouTube channel mengikuti program pemerintah untuk mendapatkan hak vaksin Anti covid. Elhan mengikuti vaksin pada tanggal 19 Juni yang di gelar di Apartemen Salemba, kolaborasi antara Kelurahan Paseban, Puskesmas, dan Pengelola Apartemen Salemba.

Sebanyak 73,9 juta dosis vaksin Covid-19 telah masuk ke Indonesia, dari berbagai produsen vaksin dunia. Tiga vaksin ini antara lain vaksin Sinovac, AstraZeneca yang telah digunakan dalam vaksinasi Covid-19, dan yang baru tiba dari Sinopharm.Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan untuk Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tirmizi, seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (2/5/2021).

Elhan menyampaikan kepada media "efek dari vaksin itu setiap orang berbeda beda reaksinya seperti yang dirasakan. Namun dengan adanya reaksi saya pikir itu bagus, berarti vaksin nya bekerja. Saya hanya ingin berbagi tips dengan mengurangi kalimat banyak atas efek yang saya rasakan, intinya siapapun sebelum vaksin harus benar benar sehat dan jujur ketika ditanya dokter dalam pengisian cheklist lanjut vaksin atau ditunda", tegasnya.

Hingga berita ini dirilis Elhan masih merasakan ngilu dan pegal serta pusing pusing, tangan kirinya masih bengkak. Ini diakibatkan karena Elhan Zakaria memiliki aktivitas yang tinggi sejak tanggal 16 Juni sudah mulai drop kesehatannya. Ketika tanggal 19 langsung mengikuti vaksin, padahal kesehatan nya baru membaik. Hal ini berefek kepada hari H vaksin tanggal 19 Juni sampai hari ini tanggal 22 Juni. Efek dari vaksin begitu sakit. "Karena setiap orang merasakan efeknya berbeda beda, jadi gak usah takut, tidak usah khwatir, saya rilis media ini hanya mengingatkan bahwa sekali lagi saya ingatkan kalau mau suntik vaksin, keadaan tubuh harus benar benar sehat" tegasnya.

Dilansir dari berbagai media dan hasil komunikasi bersama beberapa dokter Elhan menambahkan "selain inti utama kita harus sehat minimal 2 hari sebelum vaksin, juga setiap orang yang sudah divaksin itu berbeda beda reaksinya, intinya kata dokter banyak istirahat dan jangan berpikir yang berat berat" pungkasnya. Normalnya, efek samping akibat vaksin akan hilang 1 sampai 3 hari setelah dilakukan vaksin. Bahkan beberapa orang mungkin tidak merasakan efek samping apapun. 

Efek Samping Lokal

Efek samping lokal adalah efek samping pada lengan tempat disuntikkannya vaksin. Efek samping lokal yang umum terjadi adalah nyeri, pegal, kemerahan, dan bengkak. Untuk mengatasi efek samping ini Anda bisa melakukan beberapa hal. Pertama, Anda bisa menceluplak handuk ke air dingin, lalu menempelkannya ke tempat suntikan. Ini akan meminimalisir rasa sakit dan bengkak. Selain itu, penting untuk terus menggerakan lengan Anda untuk beraktivitas dan berolahraga ringan. Ini akan membantuk mengurangi bengkak dan pegal pada lengan yang divaksin.

Efek Samping Umum

Efek samping umum adalah efek samping yang timbul dan dirasakan di seluruh tubuh. Efek samping umum akibat vaksin Covid-19 cukup banyak, diantaranya kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, demam, dan mual. Untuk meredakan efek samping di atas, Anda hanya perlu meminum obat yang bisa dibeli di apotek tanpa resep. Contoh obat-obatan yang bisa Anda minum antara lain parasetamol dan ibuprofen. Obat-obatan tersebut terbukti bisa mengurangi atau menghilangkan gejala atau rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat vaksin.

Bagaimana Jika Reaksi berlebihan ? 

Walaupun efek samping yang telah disebut di atas adalah reaksi normal dari tubuh, ada beberapa kondisi dimana reaksi tubuh menjadi tidak normal. Jika terjadi reaksi berlebih atau tidak normal pada tubuh Anda segera hubungi dokter. Reaksi tidak normal yang pertama adalah jika kemerahan atau nyeri pada lokasi suntikan semakin membengkak setelah lebih dari 24 jam. Kedua, jika efek samping yang telah disebutkan di atas tidak mereda walau telah berlangsung beberapa hari. 

Elhan mengingatkan "hubungi dokter, komunikasi dengan dokter, dan saya ingatkan kembali jika mau vaksin, tubuh harus sehat dan siap jasmani rohani", tegasnya. -red





Komentar Anda

Terkini: