Kembangkan Ekonomi Rakyat Pangandaran

/ October 2, 2021 / 8:14 PM
Bagikan:
Makan Malam Bersama di Resto Siti Mungil

Pangandaran Sabtu 2 Oktober 2021 - Warung Resto Siti Mungil Pangandaran menjadi saksi sejarah. Kehadiran Romo Bowo (R. Soekrowo, SA. / Bung Tani), memberikan pencerahan kepada Elhan Zakaria, Sekretaris Jenderal Perhimpunan PETANI (Penyangga Tatanan Negara Indonesia). Romo Bowo mengatakan "hati-hati dalam melangkah dan tetap fokus dalam membela rakyat, muda itu cepat, tapi bukan instans, perhatikan proses", tegasnya. Romo Bowo namanya sempat naik pada tahun 2009 menjelang pilpres untuk maju independen.

Elhan Zakaria berpikir bagaimana bisa optimalisasi lahan tidur yang ada di wilayah Jawa Barat khususnya Pangandaran untuk dijadikan lahan pertanian. Hal ini disambut baik oleh Arif dan Ade Vampire. Sementara Siti Nurjanah pengelola Resto Siti Mungil sudah membina nelayan dan petani sejak beberapa bulan yang lalu. Dan menyatakan siap sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk pengembangan UKM dan UMKM serta hal hal yang terkait dengan nelayan dan petani. Kang Arif mengatakan "ada peluang usaha Lobster, dan itu lagi kami persiapkan, selain itu sekarang lagi galakan pembersihan pantai, dan itu membutuhkan alat", tegasnya. Sementara Ade Vampire mengatakan "seharunya kita berdayakan maximal lahan lahan yang masih bisa di optimalkan, agar bisa memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat Pangandaran, masih banyak lahan yang belum optimal yang saya lihat masih bisa di optimalkan untuk lahan parkir atau taman budaya, dan pusat kuliner", tegasnya. Ade menambahkan "lihat dijalan bis bis berantakan dipinggir jalan, tuh lihat, kalau ada lahan parkir khusus pasti rapih dan pasti akan menambah income pemerintah juga pemasukan masyarakat", tegasnya.

Tiga hari Elhan Zakaria di Pangandaran sempat mengikuti Tawasulan yang digelar dipesisir Pantai Pangandaran yang dikomandoi oleh Kang Arif. Elhan Zakaria mengatakan ke redaktur "sinergi, kolaborasi, dan aviliasi untuk saling mengisi dalam berbuat kebaikan itu penting, terutama niat Kang Ade Vampire yang ingin merubah lahan kosong menjadi produktif. -Red



Komentar Anda

Terkini: