Tommy Soeharto : Terus Lakukan Inovasi Ekonomi Kerakyatan

/ June 2, 2022 / 1:55 PM
Bagikan:
Sumaria Daeng Toba, H. Hutomo Mandala Putra, Elhan Zakaria

Hambalang - Inovasi Ekonomi kerakyatan terus digerakan oleh H. Hutomo Mandala putra SH, atau yang lebih akrab disapa Tommy Soeharto, Putra Bungsu Mendiang Pak Harto Bapak Pembangunan dan Penjaga Kedaulatan Republik Indonesia. Terbukti dengan didirikannya Saung Berkarya sebagai prototipe miniatur Desa Mandiri Oleh Beliau, workshop pertanian yang menjadi solusi krisis energi dan pangan di desa-desa. 

Juga Saung Berkarya merupakan Incubator pengembangan tekhnologi terbarukan dengan memanfaatkan Bio Gas menjadi listrik dan Gas, serta budidaya tanaman holtikultura,  sementara dibidang perikanan salahsatunya budidaya lele dengan media bioflox. Tapi hari ini, Saung Berkarya sudah dirubah. Saung Berkarya sudah dirubah menjadi East Garden Cafe And Resto. Namun perubahan ini  tidak merubah visi dan misi dan membuat kami berhenti berkarya untuk Indonesia,  dan tetap Saung Berkarya Menjadi Inspirasi dan Torehan Sejarah Perjuangan Sang Pangeran Cendana yang Meng-inspirasi.

Diskusi bersama Pak Djoko Wiseno salahsatu Pengelola 

Terlepas dari semua urusan politik, kami menikmati indahnya sore hari di East Garden Cafe And Resto. sebuah kawasan yang masih terus dikembangkan oleh Mas Tommy Soeharto, beserta jajarannya. Dalam diskusi Mas Tommy menyampaikan beberapa visi misi salahsatunya bahwa kawasan east garden akan terus dikembangkan dengan membuat Camping Ground.

Diskusi bersama H. Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto)

Ya Dulu kami dirikan Tani Karya Indonesia

Tani Karya Indonesia
Karena terlalu banyak kepentingan disana, Tani Karya membelah diri untuk menjadi besar, Ibu Tani Indonesia Sumaria Daeng Toba menjalankan program dengan Ormas Sahabat Tani Indonesia.

Sumaria Daeng Toba Ketua Umum Sahabat Tani Indonesia (STI-SDT)

Dan Saya mendirikan Ormas Petani atau Penyangga Tatanan Negara Indonesia yang fokus terhadap pembiayaan lahan lahan tidur untuk disulap menjadi lahan lahan produktif.

Elhan Zakaria Sekjen PETANI (Perhimpunan Penyangga Tatanan Negara Indonesia)
Berjalannya waktu,  tujuan yang sama menggerakkan ekonomi kerakyatan, H. Hutomo Mandala Putra SH, pernah mengatakan bahwa Ekonomi Kerakyatan itu Dari Rakyat Oleh Rakyat untuk Rakyat sejatinya Ekonomi Kerakyatan itu Mulai dari Rakyat itu sendiri, ya dengan gotong royong. Itulah Gotong Royong atau partnership, dimana semua bermula dari rakyat. Buktinya program program partnership sampai hari ini msih dijalankan dan menjdi salahsatu kebijakan Pemerintah.

Flowchart P4 Ekonomi Konsep

Dan saya mengambil point' point' penting dan menjalankan beberapa kebijakan era pra Reformasi, dengan terus menggerakkan ekonomi kerakyatan P4 atau Public Private Partership for People (karena people disini adalah Petani langsung, nelayan langsung peternak langsung, nelayan langsung, penggerak UMKM langsung.

Dan konsep ekonomi P4 sempat menjadi kebijakan pemerintah era pak Harto, namun di Eliminir pada 1998 karena dianggap sebagai gangguan terhadap berlangsungnya pasar  global bebas kendala. Padahal itu saatnya Indonesia Lepas Landas, dimana KUD atau Koperasi Unit Desa sudah menjadi basis kekuatan ekonomi desa.

Komentar Anda

Terkini: