Ekonomi Kerakyatan berasaskan Pancasilaisme itu harus diterapkan di Indonesia

/ August 31, 2022 / 7:51 PM
Bagikan:

 
Elhan Zakaria dan Petani

Elhan Zakaria, politisi muda kelahiran Ciamis tahun 1984 ini terus menerus lakukan inovasi dalam bidang Ekonomi Kerakyatan. Sampai hari ini banyak torehan prestasi yang diemban terutama pada bidang pemberdayaan sumber daya manusia, dalam pendampingan sektor pertanian, UMKM, dan Pariwisata. Terlebih Elhan Zakaria sampai saat ini masih sebagai Investment Manager Asia-pacific Nusantara Holding Consortium Ventura Limited (NHCV.Ltd) Perusahaan Internasional Asset Management and Instrument Provider, membuat dirinya mampu mengarahkan investasi diberbagai sektor salahsatunya khusus dibidang pariwisata. Terlebih juga dalam bidang pertanian pun, Elhan Zakaria dan team pelopori pembangunan lahan tidur menjadi lahan produktif di Desa Sungai Anak Kamal, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau, dengan lakukan Crowde Funding atau Gotong Royong dalam membiayai projek pertanian terpadu dalam optimalkan lahan gambut. Hal ini disinergikan dengan PT. Terasalemba Agro Niaga Integrasi atau yang lebih akrab disebut PT. Tani, sebagai Off-taker dan Elhan Zakaria sebagai Komisaris Utama.

Elhan Zakaria dan Mentor Politik Jak Tumewan 

Baru baru ini juga, tepatnya tanggal 10 Juni 2022 Elhan Zakaria dan team, Launching PT. Pemimpin Masa Depan. Perusahan tersebut dilahirkan untuk mengakomodir kebutuhan publik dalam mendapatkan informasi berbasis media online dan special Event Organizer. Bukan hanya itu PT. Pemimpin Masa Depan juga disinergikan dengan Yayasan Bintang Masa Depan, dengan hastag "the future Leaders Foundation".  Sebagai mantan Caleg 2019 Elhan menyampaikan ke redaksi bahwa dirinya faham betul kebutuhan para caleg yang berjuang menuju parlemen, hingga dirinya menyiapkan sebuah flatform digital untuk mempermudah dan mengakomodir kebutuhan para caleg yang berjuang menuju parlemen pada 2024 mendatang, melalui Pemimpin Masa Depan. Selain itu Elhan Zakaria adalah Sekretaris Jenderal Perhimpunan Penyangga Tatanan Negara Indonesia, yang bersikeras sinergi dengan berbagai pihak untuk menjadi Social Kolaborator yang optimal.

Elhan Zakaria dan Team Event Pemimpin Masa Depan 

Melihat sepak terjang Elhan Zakaria, bukan politisi muda biasa, program Cooperative Development warisan para leaders Nusantara Holding dijalankan kembali melalui berbagai inovasi program berbasis ekonomi kerakyatan. Salahsatunya program P4 Ekonomi Konsep yaitu Public Private Partership for People. Elhan menegaskan bahwa "people disini adalah petani langsung, nelayan langsung, peternak langsung, pelaku UMKM langsung, jadi pengusaha langsung berpartner dengan mereka langsung dan itu memangkas birokrasi yang panjang", ungkapnya. Sebagai Influencer yang juga YouTuber membuat dirinya terbiasa tampil didepan kamera, mampu menjadi kolaborator yang optimal. Seperti saat ini dirinya membentuk team kerja, untuk membuat sebuah acara bergengsi dalam peringatan hari nasional tahun 2022. Peringati Hari Tani Nasional 24 September 2022 dengan judul Resolusi Pertanian 2022 Menuju Indonesia Emas 2045 dengan tema acara "Bazar UMKM Go Export". Acara tersebut akan digelar pada tanggal 24 dan 25 September 2022 di Kopi Merah Putih Jl. Teuku Cik Ditiro No.84, RT.8/RW.7, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Elhan menghimbau "tolong semuanya dukung program ini ya, kita peringati hari tani nasional dengan mengedepankan UMKM, karena UMKM berhasil tembus pasar Export atau sukses membuka pasar pasar baru, itu sama saja memperjelas dan memperlancar hilirisasi hasil tani para petani di daerah", tegasnya.

Elhan Zakaria terus menerus berinovasi memberikan peluang partnership berbagai pihak, baik pihak swasta maupun pemerintah dalam hal memajukan ekonomi kerakyatan. Hal ini disampaikan ke redaksi menegaskan "dengan kuatkan sinergi, kolaborasi, dan memupuk kebersamaan ini akan membuat sesuatu menjadi sesuatu dengan mudah dan tidak terlalu berat", tegasnya. Elhan juga menambahkan "bangsa Indonesia kan budaya nya gotong royong ya itu kebersamaan, terlebih jika dipadukan dengan Pancasila itu akan memberikan konsep ekonomi bangsa Indonesia ya itu ekonomi pancasilaism, pungkasnya.

Elhan menerangkan ekonomi kerakyatan berasaskan pancasilaisme yang kami maksud dan harus diterapkan sebagai berikut :

1. Bisnis Digunakan pada Nilai Etis Berdasarkan Wahyu Allah.

2. Pembangunan Berkelanjutan dengan konsep Tekhnologi "Hijau Bumi untuk 

Langit Biru" untuk menjaga Hukum Alam-NYA.

3. Bhinneka Tunggal Ika dengan Kesetaraan Kebangsaan Kemanusiaan 

Berdasarkan Hak Asasi Manusia.

4. Musyawarah Mufakat berdasarkan Gotong Royong dengan Konsep Kemitraan 

Koperasi Kerakyatan untuk rakyat.

5. Tujuan Bisnis untuk Keadilan Sosial sebagai Kewajiban Manusia

Dalam akhir wawancara Elhan mengatakan "kita harus lihat sejarah perekonomian bangsa Indonesia seutuhnya, temen temen Millenial harus tau bahwa Kapitalisme berprinsip penduduk sebagai kaum pemodal yang berjumlah 20% menguasai ekonomi 80% penduduk lainnya, dan Komunisme berprinsip "penduduk kaum pemodal dan kaum pekerja/buruh 50%:50% bagi rata. Dan dengan Indonesia saat ini ternyata 10% penduduk menguasai ekonomi 90% ekonomi Indonesia, itu artinya saat ini Indonesia adalah Super Kapitalis. Seharusnya seperti apa Ekonomi ala Indonesia ?, ya yaitu Ekonomi Kerakyatan berasaskan Pancasilaisme.

Pengusaha seharusnya 5%, sebagai pengusaha/enterpreneur saja, tidak memiliki "aset" dari rakyat dan 95% kembali kepada Rakyat. Tanah dan Air serta isinya dikembalikan kepada Rakyat melalui Ekonomi Kerakyatan berasaskan pancasilaisme, tanpa exploitasi manusia atas manusia lainnya dan bangsa atas bangsa lainnya",  pungkasnya seraya menutup pembicaraan. - (RED)

Komentar Anda

Terkini: