Rumah Padang Sari Bundo Salahsatu Usaha Kuliner Warisan Leluhur Yang Harus Dilestarikan

/ August 6, 2022 / 6:33 PM
Bagikan:
Rumah Makan Sari Bundo

Makanan padang merupakan salahsatu makanan kuliner favorit masyarakat Indonesia, makanan padang juga dikenal dunia terlebih banyaknya pengusaha yang membuka workshop di lokasi lokasi wisata. Terlebih beberapa tahun yang lalu sampai ada musisi Norwegia menyanyikan lagu Nasi Padang.

Jak Tumewan Ketua Umum Presiden UMKM UKM dan IKM Nusantara yang juga Pendiri Koperasi Digital Indonesia, mengatakan "kuliner wisata daerah ini harus kita jaga, karena ini adalah merupakan warisan leluhur, akhir-akhir ini banyak para pelaku UMKM yang menyampaikan ke saya bahwa harga sewa yang terlampau tinggi, pengusaha UMKM di Sarinah, Tanah Abang, dan salahsatunya ini, Rumah Makan Padang Sari Bundo" pungkasnya. Jak menambahkan dari tahun 1965 zaman pak Harto, Habibie, sampai presiden selanjutnya sempat menikmati citra rasa dari bundo ini, ini heritage", pungkasnya.



Seperti kita ketahui sejak tahun 1967 Sari Bundo mulai usaha Nasi Padang di Ibu Kota Jakarta. Dan Sari Bundo turut mensuport Pemerintah dalam rangka meningkatkan pendapatan BUMN dengan membayar sewa  kurang lebih 55 tahun lamanya. Salahsatu pelanggan lama yang sempat diwawancarai di rumah makan padang Sari Bundo Jalan Juanda adalah Endi Soe, dia mengatakan ke wartawan suaraberkarya.com  "dari dulu saya makan disini dari tahun 1980 an, Sari Bundo ini memiliki citra rasa yang khas, dan nasi padang ini, halal, enak, dan membuat saya ketagihan", pungkasnya.

Rumah makan aneka makanan khas Minang ini memiliki citra rasa yang khas dan mudah diterima di masyarakat. Namun Pandemic Covid 19 usaha nasi padang sempat  terganggu, seperti yang dikatakan Endi Azwardi mengatakan "selain biaya sewa lokasi terlampau tinggi karena ini area komersil juga, namun memang Pandemic Covid 19 membuat berkurangnya pelanggan yang berefek pada pendapatan. Dan efek dari Pandemic Covid 19 saat diberlakukan PPKM, masih terasa sampai hari ini", pungkasnya.

Jak Tumewan menambahkan  "saya kebetulan makan di Rumah Makan Sari Bundo, mohon kepada pak Jokowi dan Pak Erick Thohir untuk meringankan biaya sewa pengusaha UMKM dimanapun berada, karena efek pandemic masih berdampak sampai hari ini, juga dalam menunjang peningkatan dan pemulihan perekonomian nasional pacar pandemic untuk beban pengusaha UMKM untuk mohon diringankan, ya disesuaikan lah dengan pendapatan yang ada, atau UMKM UMKM ini, digandeng dan dijadikan binan BUMN atau Kementerian Kementerian", pungkasnya seraya menutup pembicaraan. - RED

Komentar Anda

Terkini: