Sekjen PETANI minta deCENTER segera diluncurkan | Ir. Samsul Hadi "Tunggu Sebentar...!!"

/ October 5, 2022 / 8:12 PM
Bagikan:
Elhan Zakaria menghadap Ir. Samsul Hadi 

Sekretaris Jenderal Perkumpulan Perhimpunan Penyangga Tatanan Negara Indonesia Elhan Zakaria, datangi kantor pusat deCENTER dikawasan Melawai Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan untuk cepat mendapatkan informasi terkait progres deCENTER agar bisa segera diaplikasikan oleh roda-roda penggerak ekonomi kerakyatan disetiap Desa. Elhan Zakaria yang juga sekaligus Komisaris Utama PT. Terasalemba Agro Niaga Integrasi sebelumnya pernah mendengar terkait deCENTER namun baru pada kesempatan ini bisa mendapatkan informasi lebih banyak yang akurat dari penggagas yaitu Bapak Ir. Samsul Hadi. Kita tau Ir. Samsul Hadi juga adalah Ketua Umum Lembaga Kajian Nawacita yang terlibat banyak dalam pengembangan Ibukota Nusantara Di Provinsi Kalimantan Timur-(Red).

Dalam wawancara ekslusif Pemimpin Masa Depan YouTube Channel oleh Elhan Zakaria sendiri, Ir. Samsul Hadi memperjelas visi misi deCENTER yaitu, misi utama untuk Mewujudkan tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa & bernegara yang produktif, inovatif & beradab”, dengan visi  "Desa adalah Kita".  Juga Ir. Samsul Hadi menyebutkan 

"deso mowo coro, negoro mowo toto, yaitu desa yang menentukan caranya negara yang menentukan tata atau peraturannya, sehingga bisa tercipta keharmonisan dalam sistem pemerintahan", pungkasnya.

Elhan Zakaria menanggapi "wah ini luar biasa Pak, berarti sesuai dengan kultur dan budaya lokal dalam pengembangan usaha dan pengembangan programnya, tidak terlalu melebar tidak terlalu luas, dan  ini pasti fokus", pungkasnya. Elhan Zakaria juga Investment Manager Asia-pacific Nusantara Holding Consortium Ventura Limited, dimana dirinya faham asset management dan lakukan Fundrising dengan pola Crowde Funding dalam pembiayaan beberapa project khususnya pertanian, dan wisata -(Red).

Ir. Samsul Hadi menambahkan "Elhan harus tau bahwa desa itu soko guru ekonomi, dalam artian jika pondasi ekonomi di desa kuat, setiap desa kuat ekonominya, saya yakinkan ekonomi negara otomatis akan kokoh", tegasnya.

Elhan Zakaria didamping Mastowi Kepala Desa Sungai Anak Kamal

Elhan Zakaria juga bercerita terkait perjuangannya membangun desa yang termasuk wilayah 3T terluar, terdepan dan tertinggal, dengan meng-kerjasamkan PT Terasalemba Agro Niaga Integrasi dengan Bumdes. Elhan Zakaria menjelaskan prototipe dalam upaya  sulap lahan tidur menjadi lahan produktif di Desa Sungai Anak Kamal, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. 1200hektare lahan gambut yang ada di daerah tersebut hari ini menunggu panen bawang merah. Sebelumnya memang dikatakan mustahil tanam bawang di lahan gambut, namun nyatanya dengan pendampingan yang telaten dari salahsatu Direktur A.B. Julianto dalam waktu dekat ini akan panen perdana disana. 

Bawang Merah Di Desa Sungai Anak Kamal Kelompok Tani Nadim

Ir. Samsul Hadi menambahkan "dengan memperkuat sinergi dan kolaborasi di desa ini menjadi tulang punggung kekuatan gotong royong didaerah, bagaimanapun kita harus kejar Industri 5.0 mulai dari desa dengan digital dan sistem yang baik", ungkapnya.

MoU LKN - APDESI 

MoU LKN -APDESI

Elhan Zakaria mengatakan ke redaktur "saya bangga bisa bertemu kembali dengan Pak Samsul Hadi beliau saya kenal sekitar tahun 2014 silam dalam sebuah pertemuan pembahasan IKN, dan baru baru ini saya diajak Jak Tumewan salahsatu Anggota Dewan Kehutanan Nasional, bertemu kembali dengan Pak Hadi, bersama Pak Hadi saya bisa belajar banyak dalam pengembangan Ekonomi Kerakyatan", pungkasnya. Elhan menambahkan "saya berharap deCENTER bisa segera dilaunching agar pengaplikasian nya bisa dipelajari oleh rekan rekan di Desa, terlebih Pak Hadi tadi bilang bahwa sudah MOU Lembaga Kajian Nawacita dengan APDESI pada tanggal 15 September 2022, saya yakinkan ini adalah jurus jitu yang dinantikan sebagai wadah sinergi kolaborasi  Komunitas Warga Desa untuk Indonesia Lebih Baik", pungkanya seraya menutup pembicaraan. - RED

Komentar Anda

Terkini: